• Jam Buka Toko: 08.00 - 16.00 WIB, Hari Minggu Tetap Buka
  • Status Order
  • Tlp: 0822-3388-2999
  • SMS/WA: 081-556-03-999
  • supplierikanhias@gmail.com
Terpopuler:

Selain Pelet, Ini 4 Jenis Pakan Ikan Koi Terbaik

20 July 2018 - Kategori Blog

Pemberian pakan ikan koi yang terbaik tidak hanya dapat memacu pertumbuhannya semakin cepat. Pakan koi berkualitas juga akan memberikan pengaruh pada warnanya yang semakin cantik. Bahkan beberapa pakan memiliki kandungan bahan tertentu yang dapat meningkatkan sistem kekebalan koi terhadap penyakit. Selain pelet, berikut beberapa rekomendasai pakan koi terbaik untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik:

Cacing sutra

Salah satu jenis pakan berkualitas yang seringkali diberikan para penghobi untuk ikan koi adalah cacing sutera. Tidak hanya ikan koi, bahkan para penggemar ikan koki juga memberikan pakan yang sama untuk memastikan ikan peliharaannya tumbuh dengan cepat. Cacing sutra mengandung protein asam amino yang mendukung kualitas produksi sperma dan juga sel telur koi. Tidak main-main kandungan protein ini sebanyak 57% yang sangat bermanfaat untuk koi.

Selain protein, cacing sutra juga memiliki kandungan lemak sebanyak 13% yang berarti akan membuat pertumbuhan koi semakin cepat dengan ukuran tubuhnya yang besar. Warna merah pada cacing sutra, berdampak pada warna motif ikan hias termasuk koi menjadi lebih cantik. Pemberian cacing sutra secara teratur akan membuat munculnya warna pigmen yang lebih bagus terutama jika diberikan sejak masih larva atau anakan koi.

Pakan Ikan Koi Cacing Darah

Dibandingkan dengan cacing sutra, ukuran cacing darah jauh lebih kecil. Ikan koi akan kesulitan memakannya dengan ukurannya yang cukup kecil. Meski ukurannya sangat kecil, namun cacing darah ini juga menjadi salah satu pakan koi yang sangat berkualitas. Ukurannya yang kecil selama ini disiasati dengan pengolahannya dalam bentuk frozen blood worm atau cacing darah beku. Sehingga koi dapat memakannya dengan mudah.

Komposisi cacing darah ini 90% adalah air sementara 10 persen lainnya terdiri dari protein dan lemak. Selain membuat pertumbuhan ikan koi menjadi lebih baik, pemberian cacing darah juga berdampak pada pemenuhan nutrisi dari pembentukan pigmen warna kulit. Dengan kandungan karoten yang cukup banyak, cacing darah berdampak pada timbulnya warna karoten atau merah hingga oranye pada tubuh ikan koi.

Ganggang

Setelah pakan ikan koi dengan kandungan proteinnya yang tinggi, saatnya mencari alternatif pakan lain yang mengandung protein rendah namun kuat dalam memberikan pengaruh pigmen warna. Salah satunya adalah ganggang air yang selama ini tidak hanya digunakan untuk pakan koi namun juga jenis ikan hias lainnya. Terdapat jenis warna karoten yang ada pada ganggang yang berarti dapat mendukung terbentuknya pigmen warna merah pada koi.

Namun pemberian ganggang yang terlalu banyak di atas permukaan kolam juga tidak indah jikadilihat secara estetik. Pasalnya air tidak lagi jernih dan membuat kolam berwarna hijau. Selain itu terlalu banyak memberi ganggang juga dapat berdampak pada pigmen ikan yang lebih pucat. Bahkan pemberian ganggang pada kolam ini tidak hanya untuk pakan koi namun juga dapat membantu Anda menjaga kualitas air dalam kolam sehingga pertumbuhan koi semakin cepat dan besar.

Bayam dan kandung

Jenis tanaman lain yang dapat menjadi pakan koi dan juga memberikan dampak signifikan untuk pertumbuhannya adalah bayam dan kangkung. Tanaman ini mudah didapat dan harganya sangat murah. Dapat digunakan menjadi pakan koi alternatif yang lebih murah. Kedua jeis sayuran ini memiliki sejenis pigmen warna merah astaxanthine dan kuning luthein. Penggunaannya sebagai pakan akan membuat pigmen warna koi semakin tajam dan cantik.

Selain berdampak pada warnanya yang lebih indah, pakan juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Penggunaan bayam dan kangkung sebagai pakan koi akan membantu menjaga saluran pencernaannya tetap sehat. Kandungan serat yang tinggi pada bayam juga kangkung akan menjaga pencernaan koi lebih sehat. Kotoran menjadi lebih padat dan besar. Sehingga bayam dan kangkung ini juga akan menjadi pakan ikan koi yang mampu menjaga nafsu makannya tetap baik.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *



 
Chat via Whatsapp