7 Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula 1 Bulan Panen

26 January 2018 - Kategori Blog

Banyak para petani ikan yang sekarang ini melaksanakan budidaya ikan koi. Ikan koi adalah ikan sejenis ikan hias yang jadi primadona dikarenakan mempunyai harga penjualan yang mahal. Harga penjualan yang mahal tersebut menjadi pemikat tersendiri bagi para petani ikan untuk segera berbudidaya ikan koi. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara budidaya ikan koi.

Baca juga : Harga Ikan Koi Lengkap Terbaru 2018

Di samping harga ikan koi yang tinggi, kemudahan dalam budidaya ikan koi pun tak jarang memberi laba yang banyak untuk para pembudidaya ikan koi. Untuk lebih menggampangkan pengetahuan berkenaan dengan budidaya ikan koi, dalam kesempatan ini kami memposting tulisan mengenai bagaimana cara berbudidaya ikan koi bagi pemula agar 1 bulan panen yang akan mengulas beberapa point yang berkaitan dengan budidaya ikan koi agar dalam membudidayakannya terasa lebih gampang.

Menentukan Indukan

Yang nomor satu yang perlu diperhatikan dalam memulai budidaya ikan koi adalah menentukan indukan. Dalam menentukan indukan ikan koi, musti dipilih ikan yang matang kelamin. Pengertian dari matang kelamin yaitu buat indukan jantan telah menghasilkan sperma sedangkan bagi indukan betina telah mampu menghasilkan sel telur yang matang.

cara budidaya ikan koi

7 Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula 1 Bulan Panen

Perhatikan Fisik Ikan

Fisik ikan buat indukan yang mau dibudidayakan musti berkwalitas. Maksud dari berkwalitas adalah mempunyai fisik yang sehat, sirip dan sisiknya lengkap. Dan yang paling penting untuk dicermati juga gerak gerik ikan saat berenang haruslah lincah & seimbang.

Supaya kita ndak bingung ketika memilih indukan ikan koi, kita dapat memilih indukan dari usia 2 hingga tiga tahun. Tanda-tanda ikan betina yaitu perutnya lebih besar daripada jantan, ukuran badannya pun lebih gedhe. Bagi ikan koi jantan, kita dapat memahaminya dari bentuk tubuh yang lebih kurus dan juga mempunyai perut yang rata. Sirip ikan koi jantan juga memiliki warna bintik-bintik putih.

Menyendirikan Induk

Indukan koi semestinya dipisahkan dari ikan lainnya. Normalnya, satu ekor koi indukan betina dapat dipasangkan dengan 3 ekor indukan koi jantan. Biar anak yang dilahirkan dari indukan itu berkualitas, sebaiknya ambillah ikan koi yang mempunyai tubuh fisik biasa saja namun tetap mempunyai sifat unggul yakni ikan tersebut mempunyai warna yang tajam. Ketika memilah benih, nantinya bisa diambil mana ikan yang berkwalitas dan mana yang kurang berkwalitas.

Kolam Ikan Koi

Cara budidaya ikan koi tidak mungkin dilaksanakan tanpa adanya kolam. Kolam ialah bagian utama dalam pemeliharaan ikan karena hidupnya di air. Untuk dapat mencetak kolam, kita perlu untuk memahami teknik-tekniknya.

Langkah Mencetak Kolam Ikan Koi

Untuk dapat membuat kolam budidaya ikan koi, yang pertama yang harus dipersiapkan ialah tempat. Tempat begitu menentukan bentuk kolam dan konstruksinya. Tempat yang bisa dipilih untuk budidaya ikan koi yaitu di dalam atau di luar ruangan.

Cermati juga kedalaman kolam. Sebaiknya kecuraman kolam sekitar 70 sampai 100 centimeter biar bila ikan telah besar bisa bebas bergerak & tumbuh dengan maksimal.

Jangan lupa pula membentuk sistem filter kolam budidaya ikan koi yang mana kemiringannya kurang lebih 40% biar sirkulasi guna mensaring kotoran bisa terarah ke lubang filter sehingga menggampangkan pensaringan kotoran. Dengan sistem filter yang teruji maka kondisi kolam juga kelihatan bersih dan nyaman.

Point Yang Musti Dicermati Setelah Kolam Jadi

Sesudah kolam selesai maka kita juga harus mengawasi perihal-perihal penting supaya ikan koi bisa hidup terlebih lama. Diantaranya yakni mengicir air di kolam memakai kondisioner water. Air harus ganti 1 minggu satu kali agar senantiasa bersih & harus memastikan kalau filter tidak terhambat. Pemberian pakan ikan hendaknya tiga kali satu hari supaya ikan tidak kelaparan juga cermatilah suhu di kolam baik pas kemarau ataupun musim penghujan.

Demikianlah artikel kami mengenai 7 Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula 1 Bulan Panen. Apabila ada yang tidak jelas atau ada yang mau dipertanyakan silahkan Anda tulis komentar atau langsung saja menghubungi kami. Kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk mengawali berbudidaya koi yang benar, bagaimana tips memberantas penyakit koi, dan lain-lain. Kami dengan senang hati membantu Anda guna berbudidaya ikan koi demi kesejahteraan bersama.

Jayalah Perikanan Indonesia…!

https://youtu.be/_ZPBv5yQiig

Sekian informasi singkat mengenai “7 Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula 1 Bulan Panen”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – UD. Tirta Mas Agung Abadi

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp