• Jam Buka Toko: 08.00 - 16.00 WIB, Hari Minggu Tetap Buka
  • Status Order
  • Tlp: 0822-3388-2999
  • SMS/WA: 081-556-03-999
  • supplierikanhias@gmail.com
Terpopuler:

Cara Membuat Kolam Ikan Koki Dengan Benar

20 July 2018 - Kategori Blog

Kolam ikan koki – Budidaya ikan koi adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan dan menyalurkan hobi untuk penghilang stress. Merawat dan membudidayakan ikan koi sendiri sebenarnya cukup mudah dan mempunyai tingkat keberhasilan tinggi jika Anda mempunyai pengetahuan yang diperlukan untuk memelihata jenis ikan ini. Dalam hal budidaya ikan koki sendiri, hal yang harus diperhatikan adalah cara membuat kolam ikan yang tepat untuk ikan jenis ini.

Cara Membuat Kolam Ikan Koki

Kolam bisa dibuat dari material apa saja, tergantung dari budget dan bahan apa saja yang tersedia, seperti batu bata, kaca atua plastik, kayu, ataupun semen. Untuk membudidayakan jenis ikan ini, semua bahan-bahan tadi bisa digunakan sebab tak akan berpengaruh buruk bagi pertumbuhan ikan. Untuk bentuk kolam sendiri bisa dirancang berdasarkan keinginan. Menurut penelitian, kolam yang berbentuk bulat ternyata lebih menguntungkan jika dibandingkan kolam yang berbentuk persegi maupun yang lainnya.

Adapun keuntungan memiliki kolam ikan koki bulat ini diantaranya :

  1. Kolam bulat tak memiliki sudut mati, karenanya sirkulasi air bisa mencapai hingga ke semua bagian kolam. Dengan sirkulasi air yang baik bisa mencegah terjadinya penimbunan kotoran ataupun sisa makanan, hal yang nampaknya tidak akan dijumpai pada bentuk kolam persegi. Penimbunan sisa makanan dan kotoran di bagian dasar kolam bisa menurunkan tingkat kualitas air, sehingga berpengaruh buruk pada pertumbuhan ikan. Selain itu, terkadang bisa menyebabkan kematian pada ikan yang sedang dipelihara.
  2. Sirkulasi air yang ada pada kolam berbentuk bulat bisa menyebarkan makanan secara merata dengan baik, sama halnya dengan distribusi oksigen bisa disalurkan dengan baik hingga ke semua bagian kolam.
  3. Kolam bulat bisa mencegah terjadinya kerusakan fisik ikan yang sedang dipelihara.

Jika ditinjau berdasarkan efisiensi pemakaian lahan, bentuk kolam persegi ternyata lebih menguntungkan. Oleh sebab itu, untuk memperoleh keuntungan secara maksimal, para petani ikan lebih memilih memodifikasi kolam berbentuk persegi dengan cara mengganti keseluruhan sudutnya berbentuk bulat atau lengkung. Jenis kolam ini dianggap sangat menguntungkan. Tak hanya persegi dan bulat, kolam tak beraturan atau lonjong sangat menarik jika diterapkan di taman-taman untuk dijadikan hiasan. Akan tetapi kolam yang bentuknya tak beraturan sangat sulit dibersihkan.

Untuk ukuran kolam ikan koki sendiri bervariasi, biasanya tergantung dari fungsinya. Untuk ikan mas koki sendiri, bisa dibuat berukuran 2 x 4 meter, untuk dijadikan tempat pemeliharaan induk ikan mas koki yang memiliki daya tampung sekitar 25-30 ekor induk. Pada kolam induk jantan sebaiknya dipisahkan dari kolam induk betina, untuk menghindari perkawinan tak dikehendaki. Jika pada kolam-kolam tersebut hanya ada satu saluran air, sebaiknya induk betina ditempatkan di bagian gulu.

Pada kolam yang digunakan untuk keperluan perkawinan sendiri bisa dibuat berukuran lebih kecil, sekitar 1×2 meter untuk tempat sepasang induk ikan koi. Jika pemijahan tersebut dilakukan pada akuarium, maka dibutuhkan akuarium berukuran 80 x 40 x 40 cm.

Sementara kolam untuk keperluan pembesaran sendiri dibuat berukuran 3 x5 meter. Sebab kolam yang ukurannya terlalu luas akan sulit dilakukan pengontrolan. Karenanya jika induk dipijahkan dengan cukup banyak, maka sebaiknya dibuat hingga beberapa kolam untuk pembesaran yang tiap-tiap ukurannya mencapai 3 x 5 meter.

Posisi kolam sebainya diatur sampai bisa agar bisa menerima sinar matahari dengan cukup. Sementara untuk kolam ikan koki yang tidak permanen atau mudah dipindahkan, sekali-kali membutuhkan pancaran sinar matahari.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *



 
Chat via Whatsapp