• Jam Buka Toko: 08.00 - 20.00 WIB, Hari Minggu Tetap Buka
  • Status Order
  • Tlp: 0822-3388-2999
  • SMS/WA: 081-556-03-999
  • supplierikanhias@gmail.com
Terpopuler:

5 Cara Pemijahan Ikan Koki Sampai Pendederan

20 July 2018 - Kategori Blog

Banyak yang bilang jika pemijahan ikan koki sulit dilakukan. Anggapan ini lahir dari sulitnya budidaya ikan koki yang dialami oleh para penghobi, terutama pemula. Namun dari banyak kasus yang ada, inti dari budidaya ikan koki adalah manajemen air yang tepat. Sehingga urusan pemijahan ini seharusnya lebih mudah selama manajemen air bagus dan Anda tahu cara memijahnya dengan baik. Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk memijah ikan mas koki sampai menetas.

Menyiapkan Kolam Pemijahan Ikan Koki

Penting untuk menyiapkan kolam pemijahan yang nantinya akan diisi oleh koki jantan dan betina yang telah siap dipijah. Jika pemijahan dilakukan di kolam biasa tanpa privasi, peluang berhasil sangat kecil. Siapkan kolam berukuran 1x4meter yang telah bersih dari lumpur dan lumut. Jemur hingga 2-3 hari untuk menghilangkan penyakit yang masih menempel.

Penjemuran ini juga dimaksudkan untuk menaikkan suhu kolam lebih hangat. Koki sendiri tidak menyukai air yang terlalu dingin. Isi kolam pemijahan sampai ketinggian 20-25 cm. Biarkan air selama sehari untuk membuat suhunya naik. Masukkan tanaman air mengambang seperti eceng gondok, ganggang air dan Cabomba Caroliana sebagai tempat menempel telur. Jika tidak ada tanaman air, gunakan ijuk atau kelambu sebagai gantinya.

Menyiapkan bakalan indukan

Kesuksesan pemijahan ditentukan juga oleh pemilih indukan yang tepat dengan usia 6-7 bulan. Ciri koki jantan siap kawin adalah saling mengganggu koki lain. Keluarnya cairan putih seperti santan yang merupakan sperma dari lubang kelamin. Sementara koki betina perutnya lebih besar, lembek saat diraba,  lubang kelamin bengkak dan merah juga keluar telur saat ditekan.

Jika semua tanda-tanda tersebut mulai terlihat, segera lakukan pemijahan. Menunda pemijahan justru akan membuat sperma dan telur matang tanpa dibuahi. Saat hal tersebut terjadi, pemijahan harus menunggu selama 20 hari lagi untuk sperma dan telur yang matang. Proporsi ideal untuk indukan saat dipijah adalah 2 jantan 1 betina dalam satu kolam.

Proses Pemijahan Ikan Koki

Setelah indukan jantan dan betina siap, proses pemijahan ikan koki dapat segera dilakukan. Pindah indukan jantan dan betina ke dalam kolam pemijahan yang telah disiapkan. Waktu paling baik untuk memindah indukan ke dalam kolam pemijahan adalah sore hari. Saat malam hari, indukan jantan akan mengejar dan menyentuh-nyentuh bagian belakang indukan betina.

Pagi hari, indukan betina akan membalik badan untuk melepas telur dari lubang kelaminnya. Indukan jantang melepas sperma untuk membuahi. Telur yang telah dibuahi akan menempel pada tanaman atau ijuk di dalam kolam yang telah Anda siapkan. Pemijahan selesai jika jantan tidak lagi mengejar betina dan saat Anda periksa perutnya kosong.

Penetasan telur

Sukses atau tidaknya pemijahan dapat dilihat dari telur yang menempel pada tanaman air atau ijuk. Jika keesokan harinya belum ada telur, tunggu hingga sehari lagi pemijahan. Jika hari berikutnya tidak juga terdapat telur, pemijahan gagal. Llakukan langkah dari awal selang 20 hari kemudian. Jika sudah terdapat telur yang menempel, segera pindahkan indukan dari kolam.

Jumlah telur koki mencapai 1000-2000 butir sekali pemijahan. Bahkan beberapa jenis koki mencapai 8000 telur sekali pemijahan. Selama menunggu telur menetas, ganti air sebanyak 25-50% air kolam dengan tidak menyentuh telur. Selang 3-4 hari telur menetas menjadi burayak. Setelah 6 hari menetas, burayak boleh diberi makan kutu air jam 10 pagi dan 3 sore.

Pendederan

Menjaga burayak ini terus berkembang sedikit sulit dilakukan. Dibutuhkan ketelatenan terutama untuk memenuhi pasokan oksigen. Demikian pula dengan pemberian makan harus sesuai populasi. Untuk 1000 ekor burayak cukup diberi dua sendok makan kutu air, atau satu kuning telur. Setelah 2 minggu, pindahkan burayak dari kolam pemijahan ke kolam pendederan ukuran 4×6 meter.

Untuk satu kolam pendederan, maksimal burayak adalah 1000 ekor. Setelah di kolam pendederan, burayak diberi makan cacing sutera yang telah disaring dengan saringan diameter 0.5 mm terlebih dahulu. Makanan ini akan membuat tubuh burayak cepat besar dan siap dijual. Dalam waktu 20 hari setelah pindah dari kolam pemijahan ikan koki, burayak menjadi koki kecil yang siap dijual.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *



 
Chat via Whatsapp