• Jam Buka Toko: 08.00 - 20.00 WIB, Hari Minggu Tetap Buka
  • Status Order
  • Tlp: 0822-3388-2999
  • SMS/WA: 081-556-03-999
  • supplierikanhias@gmail.com
Terpopuler:

Karakteristik Ikan Koi

26 January 2018 - Kategori Blog

Sebagai bentuk yang lain dari ikan mas, pada umumnya hampir semuanya organ tubuh ikan koi sama dgn ikan mas pauk itu. Cuman ada sebagian perbedaan pokok layaknya bentuk tubuh pas, rupa ideal, dan sebagian perihal yang begitu spesial. Ikan koi mempunyai tubuh yang berpola layaknya turpedo dengan perangkat gerak berwujud sirip. Sirip yg melengkapi model morfologi ikan koi adalah satu buah sirip punggung, satu pasang sirip di dada, satu pasang sirip di perut, satu sirip di anus, dan sebuah sirip di ekor.

ikan koi, ikan mas koi, ikan koi besar, ikan hias koi, ikan koi murah, ikan koi jepang

Sirip-sirip ikan koi sangat penting agar mereka bisa berpindah tempat.

Sirip-sirip tersebut sangat penting untuk mereka untuk pindah region. Andaikan orang, ikan pula mempunyai kaki dan tangan. Sirip dada dapat diibaratkan sebagai tangan, sedangkan sirip perut sebagai kaki. Hanya tidak samanya dengan orang, tangan & kaki ikan koi ndak akan tumbuh lagi waktu patah. Sirip-sirip pada ikan koi wajarnya akan muncul pabila patah / digunting. Supaya dapat berguna sebagai alat gerak, sirip tersebut terdiri dari jari-jari kaku, jari-jari empuk, & selaput sirip.

Yang dinamakan dengan jari-jari keras adalah jari-jari sirip yang keras dan patah pabila dibengkokkan. Berbalik dengan itu jari-jari empuk akan empuk & tetap utuh bila dibelokkan, dan letaknya pasti di belakang jari-jari keras. Selaput sirip adalah seperti sayap yang membuat mungkin ikan koi mempunyai daya dorong yang lebih kuat jika berenang. Selaput inilah yang sering disikat habis parasit & penyakit jadinya sirip ikan koi terlihat seperti sisir. Sirip dada & sirip ekor cuman memiliki jari-jari lunak. Sirip punggung mempunyai 3 jari-jari kaku & 20 jari-jari lentur, sirip perut cuma terdiri dari jari-jari lentur, sebanyak sembilan buah, sirip anus memiliki 3 jari-jari kaku & 5 jari-jari lentur.

Baca juga : Jenis-Jenis Ikan Koi

Selain sirip sebagai sarana penggerak, ikan koi pula memiliki indera penciuman. Indera penciuman ini berwujud satu pasang sungut di sebelah atas mulutnya, yang berfungsi untuk mencium makanan pada dasar kolam yang memiliki lumpur. Melalui indera penciumnya tersebut, ikan koi mampu memperoleh makanan melalui memisahkannya dari lumpur yang menutup makanan itu. Itu juga yang membuat beda ikan koi dengan ikan koki, yang asal usulnya begitu sama dengan ikan koi.

Di sisi badannya, dari pertengahan kepala hingga batang ekor, ada gurat sisi (linea Lateralis) yang berguna buat merasa getaran suara. Garis ini terbentuk dari urat-urat yang ada pada sebelah dalam sissik yang membayangi hingga ke bagian luar. Tubuh ikan koi tertutupi selaput yang terbentuk dari dua lapis. Lapisan pertama terdapat di luar, disebut sebagai lapis epidermis, sedangkan lapisan dalam dinamakan endodermis. Epidermis terdiri dari sel-sel getah & yang menghasilkan lendir (mucus) pada permukaan badan ikan. Cairan tsb mengamankan muka badan / mengarantina parasit yang menyerang ikan koi.

Berbeda dengan lapisan epidermis, lapis endodermis tersusun dari serat-serat yang dipenuhi sel. Ujung sisik dan urat-urat darah terletak di daerah ini. Di dalam lapisan tersebut pula ada sel warna yang sangat diperlukan sekali oleh ikan koi. Sel warna tersebut memiliki corak yang begitu rumit yang dengan cara kontraksi menghasilkan larutan dengan empat macam sel warna yang beda. Adapun keempat sel yang dihasilkan adalah melanophore (black), xanthophore (yellow), erythro-phore (merah), dan guanophore (white).

Bagian perasa dan sistem saraf mempunyai relasi yang kuat dengan penyusutan & penyerapan sel-sel warna. Organ tsb sangat reaktif banget dengan sinar. Lokasinya di antara lapis epidermis dan urat syaraf di jaringan lemak, & terletak di bawah sisik. Sisik ikan koi memiliki perkembangan yang unique. Di sisik akan terlihat garis-garis yang mampu dibuat pegangan untuk menduga-duga umur ikan koi. Kasus yang hampir persis dengan pepohonan jati, dimana umurnya bisa ditentukan dengan memandang garis-garis lingkar di batangnya. Begitu juga yang terjadi terhadap ikan koi. Sebab garis-garis tsb sangat halus, maka untuk mampu memastikan – yang hampir dekati kebenaran – dibutuhkan sokongan untuk memandang lebih jelas lingkar-lingkar yang ada pada sisik ikan koi.

Sekian informasi singkat mengenai “Karakteristik Ikan Koi”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – UD. Tirta Mas Agung Abadi

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *



 
Chat via Whatsapp