• Jam Buka Toko: 08.00 - 20.00 WIB, Hari Minggu Tetap Buka
  • Status Order
  • Tlp: 0822-3388-2999
  • SMS/WA: 081-556-03-999
  • supplierikanhias@gmail.com
Terpopuler:

Kenapa Perlu Membuat Filter Kolam Ikan Koi? Temukan Jawabannya Disini!

26 January 2018 - Kategori Blog

Filter kolam ikan koi penting bagi Anda yang melakukan budidaya ikan koi. Ya, salah satu mata pencaharian yang banyak dikembangkan di desa-desa adalah budidaya. Salah satunya adalah budidaya ikan koi. Tidak hanya ikan koi saja, ikan jenis lain pun memerlukan filter kolam yang bermanfaat bagi budidaya ikan yang Anda jalankan.

filter kolam ikan koi

Filter kolam ikan koi penting bagi Anda yang melakukan budidaya ikan koi.

Alasan Membuat Filter Ikan Koi

Ikan koi menurut pihak pembudidaya adalah jenis ikan yang manja. Sebab, pemeliharaanya memerlukan air yang jernih. Kebersihan kolam ikan adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan jika ingin mendapatkan hasil panen yang optimal. Tujuannya adalah agar ikan yang dipanen sehat, dalam keadaan layak jual dan nilai jualnya tinggi. Cara sederhana untuk menjaga kebersihan kolam ikan ini adalah dengan rajin-rajin membersihkan air yang keruh sekali seminggu khususnya untuk jumlah peliharaan dalam jumlah kecil. Apakah masih efektif menguras kolam ikan setiap seminggu sekali untuk peliharaan ikan yang banyak? Tentu tidak! Caranya adalah dengan membuat filter kolam ikan koi yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, kita bisa mengalihkan tenaga untuk fokus pada hal penting lain. Semakin jernih kolam ikannya, semakin sehat pula ikan yang dipelihara. Berikan filter kolam ikan koi untuk hasil panen yang terbaik.

Baca juga : Ini Dia Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula, Mudah Lho!

Kendala Kolam Ikan Koi Tanpa Filter

Kolam ikan koi tanpa filter air menyebabkan beberapa kendala sebagai berikut;

  • Air yang ditambahkan atau dialirkan ke dalamnya akan ikut keruh sesuai dengan kotornya volume air di kolam tersebut. Yang jelas, budidaya ikan koi tidak akan berhasil maksimal sebab ikan ini berada dalam lingkungan yang kotor. Seperti yang diketahui, jenis ikan ini adalah ikan yang “manja” yang memerlukan air yang jernih untuk pengolahannya.
  • Tanpa filter air, kita akan kehabisan tenaga untuk menguras air setiap seminggu sekali atau sesuai dengan banyaknya ikan yang ada di dalamnya. Padahal, kita bisa menghemat tenaga dengan menggunakan filter air dan mengalihkan tenaga tersebut untuk kepentingan pemeliharaan yang lain.
  • Dinding kolam yang berlumut perlu sering-sering digosok agar terjaga kebersihannya. Jika menggunakan filter air keluhan ini tidak akan Anda rasakan.

Berikut Siklus Filterisasi Kolam Ikan Koi

Filter kolam ikan koi akan bekerja dengan siklus sebagai berikut;

  • Pertama-tama, kolam ikan yang besar dan luas itu yang airnya sudah keruh akan disedot oleh pompa air. Disini, alat yang harus Anda siapkan adalah pompa air yang fungsinya adalah untuk menyedot dan mengalirkannya ke filter kolam. Filter kolam inilah yang nantinya akan menjernihkan kembali air yang keruh yang berasal dari kolam tersebut.
  • Air yang sudah disedot dari kolam lalu dialirkan ke filter air. Selanjutnya, air akan disaring di filter kola mini. Setelah air bersih, air akan kembali disedot pompa air dan dialirkan ke kolam ikan koi. Proses filterisasi akan berjalan demikian seterusnya. Sehingga, Anda tidak perlu menguras setiap minggu, membersihkan tepi kolam setiap minggu, dan akan lebih hemat air sebab air dari kolam hanya akan dijernihkan di tempat penyaringan dan bukan di kuras seperti cara manual yang menghabiskan tenaga.

Beberapa bahan yang digunakan untuk filter air adalah pasir silica untuk menyaring kotoran yang kecil ukurannya, ferrolite untuk menetralisir unsure besi yang ada dalam air, batu zeolit yang berperan sebagai penjernih alami, dan air sadah yang secara baud an rasa hampir sama seperti kapur. Bahan-bahan untuk filter kolam ikan koi tersebut akan meringankan proses budidaya ikan koi dengan air yang selalu jernih.

Sekian informasi singkat mengenai “Kenapa Perlu Membuat Filter Kolam Ikan Koi? Temukan Jawabannya Disini!”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – UD. Tirta Mas Agung Abadi

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *



 
Chat via Whatsapp