• Jam Buka Toko: 08.00 - 20.00 WIB, Hari Minggu Tetap Buka
  • Status Order
  • Tlp: 0822-3388-2999
  • SMS/WA: 081-556-03-999
  • supplierikanhias@gmail.com
Terpopuler:

Mempersiapkan dan Merawat Kolam Ikan Koi

26 January 2018 - Kategori Blog

Kolam ikan koi tentunya tidak berbeda jauh dengan kolam ikan lainnya. Anda harus menjaga kualitas air yang ada di dalam kolam ikan koi dan pastikan air kolam tidak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya seperti bahan kimia. Ikan koi merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Para pembudidaya ikan koi akan membudidayakan ikan koi di kolam air tawar buatan. Kolam adalah tempat hidup ikan koi, oleh karena itu Anda harus memastikan kolam selalu dalam keadaan layak dan baik untuk dihuni oleh ikan koi. Ada beberapa jenis kolam ikan koi buatan diantaranya adalah kolam semen, kolam taman dan kolam tanah. Mengapa disebut sebagai kolam buatan ? karena kolam tersebut dengan sengaja dibuat sebagai tempat budidaya ikan bukan dengan sendirinya ada seperti sungai.

kolam ikan koi

Ada beberapa jenis kolam ikan koi buatan diantaranya adalah kolam semen, kolam taman dan kolam tanah.

Mempersiapkan kolam sebagai hunian ikan koi

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, ikan merupakan tempat hidup dan berkembang ikan yang perlu dibuat dan dipersiapkan dengan baik. Mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa tidak memelihara ikan koi di dalam akuarium ? Ikan koi memiliki ruang gerak yang cukup luas sehingga jika Anda meletakkanya di dalam akuarium dapat membuat ikan koi menjadi stres. Ikan koi menjadi tidak leluasa untuk bergerak kesana kemari karena ruang geraknya yang terbatas. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan sekali untuk memelihara ikan koi di dalam akuarium. Kolam ikan koi biasanya dilengkapi dengan filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada pada kolam. Filter yang digunakan biasanya berlapis 4 dengan tujuan agar penyaringan pada kolam ikan menjadi lebih maksimal.

Jika Anda membuat kolam ikan koi dengan menggunakan bahan semen, sebaiknya jangan meletakkan ikan koi di dalam kolam sesaat setelah kolam jadi. Kolam yang masih baru dibuat akan meninggalkan bau semen yang tentunya tidak disukai oleh ikan koi. Anda dapat menggunakan pelepah pisang. Kadar keasaman air kolam ikan koi juga harus dijaga agar terus berada di level 6,5-8,5. Karena ikan koi memerlukan ruang gerak yang cukup luas, maka Anda harus mengatur jumlah ikan koi yang ada di dalam kolam. Jangan sampai Anda meletakkan terlalu banyak ikan koi di dalam kolam karena hal tersebut akan mengganggu ruang gerak ikan koi. Perhitungkan kapasitas kolam yang dimliki dan jangan meletakkan ikan koi yang jumlahnya melebihi kapasitas. Cobalah untuk menyesuaikan kembali antara jumlah iklan yang dimiliki dengan kapasitas kolam yang ada.

Baca juga : Kenapa Perlu Membuat Filter Kolam Ikan Koi? Temukan Jawabannya Disini!

Menjaga kualitas air kolam

Anda harus menjaga kualitas air yang ada di dalam kolam ikan koi dengan memperhatikan suhu kolam dan tingkat kekeruhan yang dimiliki. Terkadang Anda merasa tenang karena kolam ikan sudah memiliki filter. Belum tentu filter yang ada pada kolam mampu menyaring seluruh kotoran yang ada. Untuk mencegah kolam menjadi keruh, Anda dapat mengganti 10% air yang ada di  kolam secara rutin setiap 1 minggu sekali. Anda tidak perlu mengganti keseluruhan air yang ada di kolam karena hal tersebut dapat membuat ikan menjadi tidak nyaman dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Mungkin tidak banyak diketahui namun kualitas air yang ada di dalam kolam dapat mempengaruhi warna ikan koi sebanyak 20%. Kolam yang keruh juga akan membuat ikan koi menjadi stres. Oleh karena itu, kebersihan air kolam menjadi prioritas yang sangat penting. Rutin merawat kolam ikan agar ikan koi betah dan tidak merasa stres tinggal di dalam kolam ikan koi.

Sekian informasi singkat mengenai “Mempersiapkan dan Merawat Kolam Ikan Koi”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – UD. Tirta Mas Agung Abadi

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *



 
Chat via Whatsapp